Nasehat seorang sahabat

Bismillahirrohmanirrohim

Berikut adalah kutipan pesan yang sering disampaikan seorang sahabat kepadaku. Beruntung sekali rasanya ada seseorang yang mau dengan senang hati mengingatkanku melalui pesan-pesan singkat. Semoga Allah membalas kebaikanya.

Semoga apa yang beliau sampaikan menjadi manfaat dan dapat ku kerjakan.

“Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram. Adapun Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam.” (HR. Muslim)

“Setiap kalimat yang baik adalah shadoqah. Begitu juga setiap langkah untuk melaksanakan sholat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Seorang muslim yang membantu muslim yang lain di dunia, Allah pasti membantunya dari huruhara di hari kiamat. Orang yang memudahkan orang lain yang sedang kesusahan, Allah pasti memudahkannya di dunia dan akhirat. Orang yang menutup aib orang lain di dunia, Allah pasti menutup aibnya di akhirat. Allah pasti menolong seorang hamba selama ia menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

“Dia memberikan hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa diberi hikmah, sesungguhnya dia telah diberikan kebaikan yang banyak. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang mempunyai akal sehat. (QS. Al Baqorah:269)

“Bukanlah kekayaan itu banyaknya harta, tetapi kekayaan itu adalah kekayaan hati.” (HR. Bukhari)

“Orang yang menyeru kepada kebaikan akan memperoleh pahala seperti orang yang mengamalkan seruannya, tanpa mengurangi pahala orang yang mengamalkan sedikitpun. Sebaliknya, orang yang menyeru kejahatan akan mendapatkan dosa seperti orang yang mengamalkannya, tanpa mengurangi dosa orang yang mengamalkannya sedikitpun.” (HR. Muslim)

“…, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS.Ibrahim:7)

Orang yang cerdas adalah orang yang selalu mengingat akan kematiannya dan mempersiapkan diri apa yang akan dibawanya setelah mati nanti

“Hindarilah olehmu sekalian berburuk sangka karena buruk sangka adalah ucapan yang paling dusta. janganlah kamu sekalian saling memata-matai yang lain, janganlah saling mencari-cari aib yang lain, janganlah kamu saling bersaing (kemegahan/urusan dunia), janganlah kamu saling mendengki, dan janganlah kamu saling membenci, dan janganlah kamu saling bermusuhan, tetapi jadilah hamba Allah yang bersaudara.” (HR Muslim)


5 Comments on “Nasehat seorang sahabat”

  1. benny says:

    boleh nambahin ga Id?

    Orang yang cerdas adalah orang yang selalu mengingat akan kematiannya dan mempersiapkan diri apa yang akan dibawanya setelah mati nanti.

    Sip mas..

  2. relawanmuslimah says:

    Ingati bila Sunyi, Rindui bila Jauh, Fahami bila Keliru, Nasehati bila Lalai dan Maafkan bila Terluka. Alangkah Indahnya ukhuwah bila sgalanya karena Allah SWT

  3. relawanmuslimah says:

    keutamaan n kemuliaan umat Muhammad antara lain adalah karna Islam mengajarkan kepada pemeluk-pemeluknya agar menepati janji, memelihara kebaikan, mengenal orang2 yang berlaku baik, mensyukuri, mendoakan dan mengakui kebaikan mereka.

    “Barang siapa berbuat baik terhadap kamu, balaslah dengan kebaikan. Jika kamu tidak mampu membalas kebaikan mereka, maka doakanlah hingga mereka tahu bahwa kamu telah mensyukurinya. Sesungguhnya Allah banyak bersyukur dan suka kepada hamba-hamba-Nya yang bersyukur.”

    (HR. At-Tirmidzi)

    “Tidak dianggap bersyukur kepada Allah, orang yang tidak bersyukur kepada sesama manusia.”
    (hadist)

    “Sesungguhnya orang yang lebih banyak bersyukur kepada Allah adalah orang yang banyak bersyukur kepada sesama manusia.” (hadits)

    “Barang siapa di beri suatu pemberian, kemudian mendapat kelonggaran, baiklah membalasnya dengan kebaikan. Jika tidak mendapatkannya, baiklah memujinya. Karena yang memuji itu berarti berarti mensyukurinya. Barang siapa merahasiakan, berarti mengingkarinya, dan barang siapa memakai apa yang tidak diberikan kepadanya, maka sama denngan memakai dua pakaian dusta.”

    (HR. At-Tirmidzi)

    temukan lebih lengkapnya disini

  4. relawanmuslimah says:

    wah berbicara mengenai sahabat,, coba link

    disini

    disini

    disini

    smoga bisa diambil hikmahnya

    wallahu a’lam

  5. relawanmuslimah says:

    assalamu’alaikum

    saiia selipkan syair boleh bang?

    bismillahirrahmanirrahiem..

    “Jika engkau terkesan atas tabiat seseorang
    maka jagalah ia…
    Engtkau akan menjadi seperti yg engkau kagumi
    sebab kemuliaan dan keluhurannnya
    jika engkau mendatanginya
    tidak ada hijab yang menghalangimu dengan nya”
    [Thariqul Hijratain, hal 206]

    ini saiia ambil dari buku kitab islam : Di bawah Naungan Cinta, karya Abdul Hadi Hasan Wahbi…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s