Kajian Islam : Sabar

Bismillahirrohmanirrohim..

Ini ada sedikit ilmu yang ingin aku ikat. Ini adalah ringkasan dari audio kajian islam yang aku dengan kemaren hingga tadi. Sengaja ku sambil catat agar bisa dibuka-buka dan dibaca lagi ringkasannya.

Start Now..

Hidup di dunia, tidak lepas dari dua hal, yaitu mendapat nikmat dan mendapatkan musibah. Kedua hal tersebut sama-sama butuh kesabaran.

Ketika seseorang mendapatkan nikmat, maka ia butuh kesabaran yang lebih daripada tatkala ia mendapatkan musibah, kenapa?
1. dengan kenikmatan itu jangan membuat kita lupa kepada pemberi nikmat.
2. dengan nikmat itu hendaknya kita juga bersabar, hendaknya kita gunakan pada hal-hal yang diridhoi oleh pemberi nikmat itu.
3. hendaknya ia tidak sombong tetap tawadduk, tawarruk, menundukkan diri, dia gunakan apa yang Allah berikan padanya dalam rangka menegakkan kalimat Allah. Banyak yang mendapatkan nikmat merasa lebih tinggi daripada yang lain yang tidak mendapatkan nikmat tersebut.
4. hendaknya jangan lupa mensyukuri nikmat yang Allah berikan.

Yang dibutuhkan ketika seorang mendapatkan musibah hanya dua hal:
1. dengan musibah itu dia menahan dirinya, dan menerima apa adanya yang Allah timpakan kepadanya.
2. hendaknya dia selalu husnuzon, yaitu berprasangka baik kepada Allah SWT.

Sabar adalah menahan diri untuk selalu taat kepada Allah ta’ala selama-lamanya, dan dia menjaga dirinya di dalam keta’atan itu selalu di dalam keikhlasan, dan dia selalu memperbagus keta’atannya itu dengan ilmu dan menahan diri dari kemaksiatan, dan dia tetap selalu di atas keta’atan kepada Allah meskipun dia mendapatkan subhat, atau ketika dia mendapat rayuan kepada sesuatu yang haram, dan dia juga ridho kepada takdir Allah tanpa berkeluh kesah.

Sabar yaitu istiqomah, tetap lurus, tetap di dalam keta’atan kepada Allah SWT.

“Hai orang-orang yang beriman sabarlah kalian (sabar di atas keta’atan) dan bersabarlah kalian (sabar ketika berhadapan dengan musuh-musuh Allah).

“sungguh kami akan menguji kalian dengan sesuatu dari rasa takut, rasa lapar, dan kekurangan jiwa, kekurangan harta, dan kami uji kalian dengan kekurangan buah-buahan, tapi itu merupakan berita gembira bagi orang-orang yang sabar.”

“wahai orang-orang yang beriman. Mohonlah pertolongan (kpd Allah) dgn sabar dan (mengerjakan) shalat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yg sabar”(al-baqarah:153)

“dan perintahkanlah keluargamu utk mengerjakan shalat dan bersabarlah atas atasnya..”(Thaha :132)

Asy-syaikh Abdurrahman As-Sa’di rahimahullahu(smga Allah merahmati beliau) berkata menafsirkan ayat “dan perintahkanlah keluargamu utk mengerjakan shalat”, yaitu menganjurkan keluargamu utk menegakkan shalat, dorong mereka utk mengerjakannya baik shalat yg wajib maupun sunnah.
Perintah utk melakukan sesuatu mencakup perintah utk melakukan seluruh perkara yg dibutuhkan guna menyempurnakam sesuatu tsb.
Sehingga perintah shalat dlm ayat ini mencakup perintah utk mengajari keluarga tntg amalan shalat, apa yg dpt memperbaiki shalat, apa yg dpt merusaknya, dan apa yg dpt menyempurnakannya.

“bersabarlah atasnya”, yakni bersabarlah dlm menegakkan shalat, dgn hukum,rukun, adab-adab, dan khusyuknya.
Krn hal itu berat bagi jiwa,akan tetapi sepantasnya jiwa itu dipaksa dan dibuat besungguh-sungguh utk mengamalkan shalat.
Sabar bersma amalan shalat itu berlangsung terus-menerus. Krn bila seorang hamba mengerjakan shalat sesuai dgn apa yang diperintahkan, niscaya amalan agama selain shalat akan lbh terjaga dan lebih lurus. Namun bila ia menyia-nyiakan shalat, niscaya amalan lainnya lebih tersia-siakan.”
(taisir al karim ar rahman, hal 517)

Sebuah hadits yang artinya: “kesucian itu, kebersihan itu adalah setengah dari iman, dan kalimat Alhamdulillah itu pahalanya akan memenuhi timbangan Allah SWT(mizan), dan kalimat Subhanallah dan Alhamulillah akan memenuhi kedua-dua mizan tersebut, dan sholat merupakan cahaya, dan sedekah itu merupakan bukti keimanan seseorang, dan kesabaran itu juga cahaya, dan qur’an itu sebagai pembelamu atau dia akan sebagai penghujat dirimu, setiap manusia akan menemukan pagi ada yang menjual jiwanya lalu dia merdekakan, lalu ada juga yang membinasakan jiwanya.

mizan : timbangan amal memiliki dua tempat untuk menaruh barang, dan luasnya tiap-tiapnya adalah seluas langit dan bumi.

Jika mendapat pujian dari manusia secara berlebihan maka lemparlah mukanya dengan pasir, karena pujian itu membuat kita lupa dengan yang memberi kelebihan kepada kita, yang memberikan nikmat kepada kita.

Hadits yang sahih “Ketika seseorang mengucapkan alhamdulillah dia mendapatkan 10 pahala ketika ada sebab-sebabnya, namun jika tanpa ada sebab-sebabnya maka ia akan mendapatkan 70 pahala”

Dari al imam nasrin al banni, Rasulullah, apabila beliau ditimpa sesuatu yang menyebabkan beliau senang beliau mengucapkan alhamdulillaahilladzii bini’matihi tatimmushshaalihaat (segala puji bagi allah yang dengan sebab nikmatnya dia sempurnakan segala kebaikan-kebaikan), dan apabila beliau ditimpa hal yang tidak menyenangkan secara manusiawi (sakit, musibah), beliau mengucapkan alhamdulillahi ‘ala kullihaal (segala puji hanya bagi Allah atas segala keadaan).
Maksudnya :
1. Allah tetap berhak dipuji bilamana manusia mendapatkan sesuatu yang tidak menyenangkan.
2. Menunjukkan bersihnya hati kita dari prasangka buruk kepada Allah.

Salah satu yang menyebabkan terhapusnya keislaman seseorang yaitu tatkala seseorang punya prasangka buruk kepada Allah SWT, allah tidak adil, allah kejam, dll.

Suatu perkara yang menyenangkan bagi seorang mukmi adalah tidak ada satu musibah menimpa dia melainkan musibah itu lebih baik bagi dirinya.

Apabila ditimpa musibah sesuatu yang menyenangkan dia, dia bersyukur, dan jika di ditimpa musibah kemudian dia bersabar, maka itu yang terbaik bagi dirinya.

Ujian tidak akan lepas dari seseorang yang mengaku dirinya beriman.

Allah itu adalah adil, seandainya allah membunuh semua penduduk langit dan seluruh penduduk bumi dari kalangan manusia dan jin, maka Allah tetap dikatakan Adil, tidak bisa dikatakan zalim. Karena nikmat yang Allah berikan, dengan diciptakannya kita pun adalah merupakan nikmat yang tidak bisa dibalas dengan apapun.

Ijma’ ulama’ bahwa kewajiban/ibadah dari apa yang Allah SWt wajibkan kepada kita merupakan bagian dari nikmat Allah yang terbesar kepada kita semua.

Imam Ahmad bin Hambal “Kebutuhan seseorang kepada ibadah lebih butuh daripada kebutuhannya kepada makanan dan minuman.”

Kata Rasulullah : “Sadoqah merupakan bukti kebenaran keimanan seseorang, karena namanya manusia sangat cinta kepada harta, maka bukti dia lebih cinta kepada keimanan dan keta’atan kepada Allah, maka ia belanjakan hartanya pada jalan yang benar.”

Barang siapa yang menghilangkan rasa bakhil dalam hatinya maka ia akan mendapatkan kejayaan dunia dan akhirat.

Seseorang tidak akan miskin dengan sebab ia bersedeqah, tapi Allah akan mendatangkan musibah beruntun-runtun kepada orang yang sudah dijelaskan kepadanya hujjah tentang wajibnya ia bersedakah, menunaikan zakat, sehingga Allah menyempitkan walaupun dia memiliki harta, Allah akan menyempitkan dadanya melihat harta yang banyak ini, seolah-olah ia sibuk dengan harta itu, kemudian allah akan menjauhkan dengan sebab harta itu dari agama ini, allah akan menyempitkan hatinya sehingga ia selalu tidak merasa cukup dengan apa yang ada pada dirinya.

Sabar adalah kriteria wajib yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang sabar..


5 Comments on “Kajian Islam : Sabar”

  1. relawanmuslimah says:

    satu aja sih sebenarnya…

    SABAR ITU KARAKTER PENTING DARI SEOARANG MUSLIM…

    tapi ternyata malah ingin banyak nanya disini…

    1. Alhamdulillahi ‘ala kullihal.
    itu apa ya artinya bro?

    2. “dengan kenikmatan itu jangan membuat kita lupa kepada pemberi nikmat.”

    yupp! benar bgdh… tapi entah disadari atau tidak kita seringnya terjebak begitu…

    bsyukur pada kenikmatan itu sendiri bukan pada pemberi nikmat itu..

    padahal kalo kita di kasih sepatu sama ayah, logikanya terimaksihnya kan sama ayah, bukan sama sepatunya,,
    begitulah analogi sederhananya..ck ck ck..

    3. “Minta tolonglah dengan sabar dan sholat sesungguhnya allah bersama orang-orang yang sabar.”

    pernah terfikir gak sih, kenapa harus begitu?
    kenapa allah ngubung2in sabar ama sholat…napa gak puasa aje sekalian…bukankah puasa itu bersabar??

    itu dulu sering bangett ku terpikir, meski gak pernah di utarakan..tapi alhamdulillah dapett juga, ntah baca dimana gitu,,,buku apa juga lupa..ato jangan2 malah di tafsir al qur’an ya? [tuink tuink?!]

    yg ku dapett sihh begini…gak bisa ngasih detilnya, susah ngungkapinnya [gak tau napa tiba2 gak bisa ngungkapin] tapi ku paham lah..intinya…karna sholat itu sesungguhnya sesuatu yang berat sebenarnya,,,makanya hanya orang yang sabar yang bisa melewatinya..dengan khusyuk, dengan tenang, dengan tuma’ninah, dengan yakin, dengan kesabaranlah intinya..

    wallahu a’lam..

    ada yang tahu rincinya??

    Sebenarnya sih abg pengen jawab kalo tau, tapi karena ga tau jadi ga bisa jawab deh.. kalo ada yang tahu mungkin bisa kasi tau… ato itu mungkin salah nulisnya, karena denger dari audio, bukan baca…

  2. . says:

    Bismillah.

    1. Hanya menambahkan, yang sepertinya berkaitan.
    “wahai orang-orang yang beriman. Mohonlah pertolongan (kpd Allah) dgn sabar dan (mengerjakan) shalat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yg sabar”(al-baqarah:153)

    ada dalam suatu ayat lain,

    “dan perintahkanlah keluargamu utk mengerjakan shalat dan bersabarlah atas atasnya..”(Thaha :132)
    Asy-syaikh Abdurrahman As-Sa’di rahimahullahu(smga Allah merahmati beliau) berkata menafsirkan ayat “dan perintahkanlah keluargamu utk mengerjakan shalat”, yaitu menganjurkan keluargamu utk menegakkan shalat, dorong mereka utk mengerjakannya baik shalat yg wajib maupun sunnah.
    Perintah utk melakukan sesuatu mencakup perintah utk melakukan seluruh perkara yg dibutuhkan guna menyempurnakam sesuatu tsb.
    Sehingga perintah shalat dlm ayat ini mencakup perintah utk mengajari keluarga tntg amalan shalat, apa yg dpt memperbaiki shalat, apa yg dpt merusaknya, dan apa yg dpt menyempurnakannya.

    “bersabarlah atasnya”, yakni bersabarlah dlm menegakkan shalat, dgn hukum,rukun, adab-adab, dan khusyuknya.
    Krn hal itu berat bagi jiwa,akan tetapi sepantasnya jiwa itu dipaksa dan dibuat besungguh-sungguh utk mengamalkan shalat.
    Sabar bersma amalan shalat itu berlangsung terus-menerus. Krn bila seorang hamba mengerjakan shalat sesuai dgn apa yang diperintahkan, niscaya amalan agama selain shalat akan lbh terjaga dan lebih lurus. Namun bila ia menyia-nyiakan shalat, niscaya amalan lainnya lebih tersia-siakan.”
    (taisir al karim ar rahman, hal 517)

    2. Alhamdulillaah ‘ala kullihaal = segala puji hanya bagi Allah atas segala keadaan.

    Wallahu A’lam

    Syukron atas ilmunya, insyaAllah bermanfaat bagi semua yang baca.. Dan Alhamdulillah ada yang bisa share arti yang point nomor 2,, karena waktu dengar emang tidak dijelaskan artinya, jadi emang ga tau sebelumnya…

  3. relawanmuslimah says:

    abang mau juga donk relasinya…akhwat ikhwan? gak penting, tapi mau nanya2 jugaaaaa…

    yang @ atas saya…

    ya ya ya

    Hmm.. abg ga kenal siapa orangnya, baru tau ya waktu dia kasi comment ke postingannya abg. Cuma abg minta email dia, kalau mau mungkin rohma bisa minta izin aja ke dia langsung lewat comment di sini, siapa tau dia baca. Karena abg ga berani ngasi emailnya langsung.

  4. suryopranoto says:

    sabar?? hem… sulit

    bener mas, sulit bgt tuh, tapi biasanya yang sulit itu baik.
    misalnya jamu, jamu itu pahit, minumnya sulit, tapi baik..😀 (kaya’ lagi ngenasehatin anak kecil aja saya:mrgreen: …)

  5. satriati says:

    Selalu saja Allah menyediakan keseimbangan antara sabar dan shalat, keseimbangan antara doa dan upaya. Shalat adalah doa, dan sabar adalah upaya untuk mengatasi permasalahan. Sabar adalah sikap untuk sekuat kemampuannya mengatasi permasalahan dan jika tidak mampu, maka ia bertawakkal kepada apapun iradat-Nya.
    TAFASIR
    No. 27, 12 Agst. 2007
    http://www.puspiptek.net/Html/tafasir_indeks.asp?nomor=027


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s