Mari bersihkan hati

“Ketahuilah bahwasanya pada setiap tubuh seseorang ada segumpal daging. Jika dia baik, akan baiklah seluruh anggota tubuhnya. Namun apabila dia rusak maka akan rusak pula seluruh anggota tubuhnya. Ketahuilah bahwasanya segumpal daging tadi adalah qalbu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Agar komputer dapat bekerja dengan baik, maka harus dipastikan agar system file tetap aman, terhindar dari gangguan dan serangan virus. Untuk itu perlu secara rutin cleaning untuk membasmi segala virus yang jadi parasit. Namun, agar virus bisa dibersihkan, tentu sebelumnya anti virus harus bisa mendeteksinya terlebih dahulu. Anti virus yang baik adalah yang mampu mengenali berbagai jenis virus, terutama yang terbaru. Oleh karena itu, knowledge anti virus harus terus menerus diupdate agar up to date dengan jenis virus terbaru. Begitulah kira-kira mekanisme menjaga agar komputer dapat berjalan dengan baik.

Kalau manusia dianalogikan dengan komputer, maka system file adalah Qalbu. Qalbu harus selalu dijaga agar tetap bersih sehingga tingkah laku manusia bisa berada dijalur yang benar. Qalbu harus selalu dibersihkan dari segala kotoran dan penyakitnya. Agar bisa membersihkan Qalbu, maka perlu dilakukan scanning untuk mendeteksi kotoran dan penyakit tersebut secara akurat. Agar proses scanning berjalan sukses, maka knowledge tentang kotoran dan penyakit hati harus selalu diupdate.

Dari hadits di awal, dapat diketahui bahwa hati adalah kunci atas segala tindak tanduk manusia, maka sudah selayaknya ia mendapat perhatian lebih dan perlakuan khusus agar bisa terhindar dari segala kotoran dan penyakit.

Mari luangkan waktu untuk mengurus hati, hati, dan hati.. Selalu tanyakan bagaimana keadaan si hati sekarang? Apakah ia sehat? Sakit apa kira-kira? Bagaimana mengobatinya?

Mari bersihkan hati.


3 Comments on “Mari bersihkan hati”

  1. arkannr says:

    boleh jadi si hati butuh “penjaganya” ntuk selalu terjaga…😀

  2. kelakuan seseorang dapat memancarkan keadaan hatinya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s