The Greatest Mother/Woman?

Entah kenapa tiba-tiba terlintas di fikiran tentang sosok seorang ibu. I’m very sure that my mother is great with all of the capacity and limitations that she has. I have no doubt about that. But nobody is perfect, right? And actually that is a kind of human’s perfection. There is always a space for improvement.

Setiap orang mungkin punya pendapat tersendiri tentang sosok ibu, ibu yang hebat, ibu yang keren, ibu terbaik. For me, I have a simple criteria. Bagiku the greatest mother adalah setiap wanita yang mendedikasikan dirinya secara penuh untuk keluarga, untuk suami dan anak-anaknya, padahal ia punya segudang potensi dan kapasitas  untuk bisa sukses berkarir di luar rumah. Artinya, wanita ini telah mengalahkan egonya, menepis kenyataan bahwa ia berpendidikan tinggi, mengacuhkan kenyataan bahwa ia cerdas, menampik anggapan bahwa seolah-olah ia wanita lemah yang tidak mandiri, dan akhirnya mau bersahaja berdiam di rumah untuk  mengurus keluarga, suami dan anak-anaknya. Amazing *kata om Tukul.. Wanita seperti ini sungguh luar biasa, wanita seperti ini pasti sangat mengerti bahwa kehidupan yang pas-pasan bukanlah suatu bencana, tapi keluarga yang berantakan, kegagalan mendidik anak, itulah bencana sebenarnya. Hidup yang pas-pasan jika dimaknai dengan benar tentu bukanlah hal yang luar biasa. Tapi percayalah, bahwa Allah telah menyiapkan rezeki untuknya, dan untuk anak-anaknya dari berbagai jalan yang indah.

Anak adalah investasi dan Amanah dari Allah SWT. Investasi jangka sangat panjang, dunia dan akhirat. Amanah yang bukan sembarang amanah, ia bisa menjadi kebaikan namun juga bisa menjadi malapetaka bagi orang tuanya. Nah kalau sudah begitu, tentu bukan hal yang mudah dan biasa-biasa saja dalam mengurus anak. Bahkan orang tua berpendidikan S3 pun tidak berguna kalau tidak ada waktu mendampingi anak-anaknya. Bukankah bercengkrama dengan anak-anak, mendampingi, menanamkan nilai-nilai kebaikan  adalah bagian indahnya berkeluarga? Beruntunglah orang yang menemukan sosok the greatest mother dalam diri istri atau ibu mereka.

Teringat sebuah cerita, bahwa ada seorang wanita kantoran bersuamikan seorang yang bekerja menjual makanan keliling. Boleh dikatakan pendapatan istrinya cukup, bahkan masih cukup kalaupun suaminya tidak bekerja. Namun suatu hari ia memutuskan untuk berhenti bekerja, padahal suaminya tidak pernah melarang ia bekerja. Ternyata ada cerita di balik keputusan anehnya tersebut. Suatu hari sang istri pulang dalam keadaan sangat lelah karena banyaknya kerjaan di kantor. Sang suami minta untuk dibuatkan teh hangat (kalau tidak salah) karena ia juga lelah dan merasa kurang sehat. Namun karena sang istri kelelahan, ia pun tertidur sebelum sempat membuatkan permintaan suaminya. Keesokan harinya ia dapati baju-bajunya telah selesai dicuci, dan ia juga dapati ternyata suaminya demam tinggi. Saat itu sang istri merasa sangat bersalah, merasa sangat berdosa, mengabaikan permintaan suaminya, dan membuat suaminya mencuci pakaian mereka (walau dengan keinginan suaminya sendiri), padahal sang suami sedang dalam keadaan sakit. Akhirnya dia langsung memutuskan untuk berhenti bekerja, dan hanya di rumah melayani suaminya. Alhamdulillah setelah beberapa waktu, pekerjaan suaminya semakin baik, pendapatannya pun semakin besar sehingga mencukupi kehidupan mereka. Subhanallah..

That’s my simple criteria of the greatest mother. yours?


7 Comments on “The Greatest Mother/Woman?”

  1. sudah sana cari sosok ibu buat anakmu kak:mrgreen:

  2. tia says:

    hmm, jadi kak said nyari yang kayak gitu ya :p

  3. arkannr says:

    yes. i’m agree with you…
    bro..

  4. risna rahma says:

    hoooo cieeeee kayaknya ada kok yang cocok😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s